Skip to main content

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share

Pengertian Seni Rupa, Unsur, Fungsi dan Macam-Macam Seni Rupa ...

King's Ardent -  Prinsip-prinsip seni rupa ialah cara penyusunan, pengaturan unsur-unsur rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Adapun prinsip-prinsip seni rupa yaitu sebagai berikut.

1.   Kesatuan
Kesatuan atau unity adalah kesan yang timbul dari unsur-unsur seni rupa yang terpadu menjadi satu bentuk dan menghasilkan suatu ungkapan. Kesatuan merupakan modal yang harus ditunjang oleh prinsip lainnya sehingga dapat menjadikan sebuah karya seni bernilai estetis. Kesatuan akan terjadi jika ada keselarasan, keseimbangan, proporsi maupun ritme.

2.   Keselarasan
Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis jika hal tersebut berpadu dengan selaras. Keselarasan atau harmonis adalah kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda dalam menciptakan suatu keindahan. Dalam karya seni rupa, prinsip keselarasan ini dapat dibuat dengan menata unsur yang mungkin sama, sesuai atau tidak ada yang berbeda secara menyolok.

3.   Keseimbangan
Keseimbangan adalah prinsip yang bertanggung jawab pada kesan dari suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Keseimbangan dapat dicapai dengan mengatur letak unsur-unsur sehingga terasa tidak berat sebelah antara bagian yang satu dengan bagian yang lain. Prinsip keseimbangan berkenaan dengan kualitas bobot atau kesan berat ringannya suatu karya.


4.   Irama atau Ritme
Irama adalah prinsip yang mendasari pengulangan satu atau lebih unsur secara teratur. Pengulangan yang sama akan terasa statis, sedangkan pengulangan yang dilakukan secara bervariasi akan menghasilkan irama harmonis yang dapat meningkatkan nilai estetika dari karya seni yang dibuat.

    Dalam seni rupa, irama tidak bisa dipegang atau diraba, tetapi dapat dirasa. Terdapat tiga kemungkinan terciptanya irama, yaitu karena pengulangan unsur, perbedaan ukuran, dan perbedaan jarak.

Munculnya Istilah "Seni Rupa" dan "Desain" - Seni Rupa dan Sejarah

5.   Kesebandingan
Kesebandingan atau proporsi adalah upaya pengaturan yang berkenaan dengan ukuran antara bagian yang satu dengan lainnya dalam bentuk yang serasi. Besar kecil, luas sempit, panjang pendek, atau tinggi rendah adalah persoalan proporsi.

    Kesebandingan merupakan prinsip seni rupa yang mengacu pada keteraturan dan penyesuaian dari wujud karya seni rupa yang diciptakan. Misalnya, ketika akan membuat lukisan manusia, pelukis harus pandai menyesuaikan ukuran antara mata, hidung, mulut, alis, dagu, dan bagian tubuh lainnya agar selaras.

6.   Penekanan
Penekanan adalah prinsip yang mendasari kesan perbedaan dari dua unsur yang berlawanan dan saling berdekatan. Dengan memberikan perbedaan yang mencolok pada bentuk, warna, dan ukuran sebuah karya seni akan terlihat lebih menarik.

    Prinsip penekanan disebut juga dengan prinsip dominasi yaitu upaya penampilan pada bagian tertentu dari karya seni rupa yang menarik perhatian dengan cara mengatur posisi, perbedaan ukuran, perbedaan warna atau unsur lain, dan pengaturan arah unsur.


7.   Komposisi
Komposisi menjadi prinsip yang paling penting dalam mendasari keindahan dari sebuah karya seni. Komposisi merupakan organisasi dari unsur-unsur seni rupa yang disusun menjadi teratur, serasi, dan menarik.

8.   Gradasi
Gradasi adalah susunan warna yang didasaripada tingkatan tertentu pada tingkatan tertentu pada sebuah karya seni. Gradasi merupakan prinsip yang paling sering diterapkan dalam pembuatan mozaik, karikatur, lukisan, dan seni rupa 2 dimensi lainnya. Gradasi akan membuat sebuah karya menjadi lebih hidup.




(Dilansir dari Buku Seni Budaya SMA/MA, Harry Sulastianto dkk.)

Comments

Populer Post

Langkah-langkah Mempresentasikan Hasil Laporan Cerpen

 Welcome to my Blog, King' Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Berikut ini beberapa langkah-langkah mempresentasikan hasil laporan cerpen di depan kelas. Membuat garis besar mengenai isi dari cerpen yang sudah dibaca. Mengetahui secara mendalam mengenai isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Membuat suasana santai dan rileks saat presentasi di depan kelas.  Melakukan kontak mata dengan teman-teman dan guru di depan kelas. Menggunakan suara ramah/akrab dan memberi variasi atau penekanan pada beberapa kata penting. Mengambil simpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan.  Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul     (Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK kelas XI Tika Hatikah dan Mulyanis)

Mindset Pejuang Bikin Perubahan

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Gak sedikit yang pernah dengan tentang hasil dari 10.000 jam kerja yang dipopulerkan oleh Malcolm Gladwell. Bahwa dengan kerja keras setiap hari selama 5 tahun, gak sedikit perubahan yang bisa kamu rasakan. Jim Rohn, pakar pengembangan diri, juga menyatakan hal yang senada bahwa kamu bisa mencapai tujuan yang kamu inginkan baik itu bikin brand, bangun bisinis, belajar skill baru dalam 5 tahun penuh komitmen. Baca Juga : Mindset Sejahtera & Psikologi Uang Lalu apa saja parameter yang perlu kamu pertimbangkan untuk membuat perubahan dalam 5 tahun? 1. 100 Pencapaian Pertama Ketika ada jabatan baru, atau arah perubahan baru, gak sedikit yang mengukur sebuah pencapaian dengan apa yang telah dilakukan dalam 100 hari pertama atau 100 hal apa yang sudah dilakukan. Ingin belajar skill baru? Sudahkah kamu konsisten selama 100 hari? Habit yang berhenti sehari punya potensi gagal 50%, dan terhenti selama 2 hari ber