Skip to main content

12 Amalan Sunnah Sebelum Mendirikan Sholat Jumat

Salat Jumat Pertama Ramadan di Masjid Istiqlal

Hari Jumat memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan tersendiri.

King's Ardent – Setiap hari Jumat, Umat muslim memiliki sebuah kewajiban yang wajib dilaksanakan oleh kaum pria yaitu mendirikan sholat Jumat di masjid. Muslim yang telah menunaikan sholat jumat maka gugur kewajiban sholat dzuhurnya. Begitu pula sebaliknya untuk muslim yang meninggalkan sholat jumat dengan alasan yang kuat.

Menurut ajaran Islam, hari Jumat memiliki banyak kemuliaan dan keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW amat memuliakan hari Jumat. Amalan wajib yang harus dilakukan saat hari Jumat adalah Sholat Jumat bagi kaum adam.

Sholat Jumat merupakan salah satu keutamaan yang dimiliki oleh hari Jumat. Sebelum menjalankan ibadah wajib tersebut, tentunya banyak amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan menambah pahala bagi orang yang menjalankannya.

Kali ini Dream merangkum dari berbagai sumber, tentang amalan-amakan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat.

Mandi Besar

Amalan sunnah sebelum mendirikan Sholat Jumat yang pertama adalah mandi. Meskipun sunnah, ternyata ada juga yang berpendapat bahwa mandi di hari Jumat hukumnya wajib seperti hadist yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri. Dalam hadist tersebut, Rasulullah saw bersabda, “ Mandi apda hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, dari hadist tersebut diketahui bahwa mandi wajib dilakukan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, namun tidak wajib bagi muslim perempuan, anak-anak, orang akit, dan musafir. Mandi ini dilakukan sebelum mendirikan sholat Jumat.

Mandi yang dilakukan sebelum sholat Jumat ini adalah serupa dengan mandi besar. Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist, “ Barangsiapa mandi Jumat, seperti mandi jinabat.” (HR Bukhari dan Muslim).

Menggosok Gigi

Selain mandi besar, hal yang juga menjadi amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat adalah menggosok gigi. Hal ini sesuai dengan sebuah hadis Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu Said Al Khudri.

Rasulullah saw bersabda, “ Mandi hari Jumat diperintahkan bagi setiap yang sudah bermimpi (akil baligh), bersiwak dan menggunakan minyak wangi jika dia memilikinya.” (HR Muslim).

Bersiwak atau menggosok gigi merupakan membersihkan gigi dengan menggunakan batang kayu siwak yang di antara hikmahnya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan bau mulut.

Jika kamu tidak memiliki kayu siwak untuk bersiwak, maka sebagai gantinya adalah dengan menggunakan sikat gigi dengan pasta gigi. Sebab inti dari ajaran siwak ini adalah membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

Memotong Kuku dan Kumis

Amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat selanjutnya adalah memotong kuku dan kumis. Amalan yang satu ni juga sesuai dengan hadis Nabi saw.

“ Adalah Rasulullah saw memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi sholat Jumat.” (HR Al Baihaqi dan At Tabrani).

Memakai Pakaian Putih

HUKUM PECI HAJI BERWARNA PUTIH

Sebagian ulama berpendapat pakaian yang terbaik untuk digunakan Sholat Jumat adalah pakaian putih bersih. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi saw berikut:

“ Kenakan pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian. Dan kafanilah dengan kain putih orang yang mati di antara kalian.” (Hadis Shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud no 3878, Tirmidzi no. 994, Nasai VII/205, Ibnu Majah no 1472 dan Ahmad I/247).

Namun jika tidak memiliki pakaian putih, maka boleh menggunakan pakaian apapun asalkan bersih dan rapi.

Memakai Wewangian

Memakai wewangian adalah amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi saw seperti berikut ini.

“ Siapa yang mandi pada hari Jumat dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai wewangian jika ada, kemudian pergi sholat Jumat……” (HR Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Selain hadis di atas, juga masih ada hadis tentang amalan sunnah menggunakan wewangian ketika hendak pergi sholat Jumat.

Rasulullah saw bersabda, “ Barangsiapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Segera Menuju ke Masjid

 Ilustrasi

Setelah berbenah dengan pakaian rapi dan menggunakan minyak wangi, selanjutnya berangkatlah segera ke masjid dengan membaca doa saat keluar rumah. Berangkatlah ke masjid dengan berjalan kaki pelan-pelan dan tidak banyak bicara.

Anas bin Malik berkata, “ Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR Bukhari).

Sementara itu, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “ Makna hadis ini yaitu para sahabat memulai sholat Jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat dzuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.”

Melangkah Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

 Ilustrasi

Ketika hendak masuk masjid, sebaiknya langkahkan kaki kanan terlebih dahulu daripada yang yang kiri sambil membaca doa masuk masjid.

Mendirikan Sholat Tahiyyatul Masjid

Ketika sudah berada di dalam masjid, sebelum duduk, hendaklah mendirikan sholat sunnah tahiyyatul masjid. Seperti hadis Nabi saw, Rasulullah saw bersabda “ Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan sholat dua rokaat sebelum ia duduk.” (HR Abu Dawud dari Abu Qatadah).

Memperbanyak Sholawat dan Doa

Perbanyaklah membaca sholawat saat hari Jumat, Rasulullah saw bersabda, “ Sesugguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

I’tikaf Sambil Membaca Al-Quran dan Berdzikir

JUMAT BAROKAH: Keutamaan Membaca Al-Qur'an dalam Hadits Rasulullah ...

Sebelum khatib naik ke mimbar, sebaiknya lakukan iktikaf terlebih dahulu dengan membaca al-Quran, berdzikir, membaca sholawat dan berdoa. Jika khatib sudah naik mimbar, maka hentikanlah iktikaf dan segera mendengarkan khutbah Jumat.

Sholat Sunnah Ba’diyah

Setelah selesai sholat Jumat, dirikanlah sholat sunnah ba’diyah Jumat baik di masjid maupun di rumah.

Rasulullah saw bersabda, “ Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.”

Selain itu, Amr juga menambahkan dalam riwayat dari Ibnu Idris bahwa Suhail berkata, “ Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rokaat di masjid dan dua rokaat apabila engkau pulang.” (HR Muslim dan Tirmidzi).

Membaca Surat Al-Kahfi

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallohu ‘anhu, bahwa Nabi saw bersabda, “ Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Itulah beberapa amalan sunnah sebelum mendirikan sholat Jumat yang perlu kamu kerjakan sebelum sholat Jumat. Dengan berbagai amalan sunnah tersebut, semoga kita bisa mendapat keberkahan melimpah di hari Jumat. Amin ya robbal alamin.

(Dilansir dari Islampos)

Comments

Populer Post

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent -  Prinsip-prinsip seni rupa ialah cara penyusunan, pengaturan unsur-unsur rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Adapun prinsip-prinsip seni rupa yaitu sebagai berikut. 1.   Kesatuan Kesatuan atau unity adalah kesan yang timbul dari unsur-unsur seni rupa yang terpadu menjadi satu bentuk dan menghasilkan suatu ungkapan. Kesatuan merupakan modal yang harus ditunjang oleh prinsip lainnya sehingga dapat menjadikan sebuah karya seni bernilai estetis. Kesatuan akan terjadi jika ada keselarasan, keseimbangan, proporsi maupun ritme. 2.   Keselarasan Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis jika hal tersebut berpadu dengan selaras. Keselarasan atau harmonis adalah kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda dalam menciptakan suatu keindahan. Dalam karya seni rupa, prinsip keselarasan ini dapat dibuat dengan menata unsur yang mungkin sama, sesuai atau tidak ada yang b

Langkah-langkah Mempresentasikan Hasil Laporan Cerpen

 Welcome to my Blog, King' Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Berikut ini beberapa langkah-langkah mempresentasikan hasil laporan cerpen di depan kelas. Membuat garis besar mengenai isi dari cerpen yang sudah dibaca. Mengetahui secara mendalam mengenai isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Membuat suasana santai dan rileks saat presentasi di depan kelas.  Melakukan kontak mata dengan teman-teman dan guru di depan kelas. Menggunakan suara ramah/akrab dan memberi variasi atau penekanan pada beberapa kata penting. Mengambil simpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan.  Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul     (Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK kelas XI Tika Hatikah dan Mulyanis)

Ketika Perempuan Sudah Sayang

 Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Ketika perempuan sudah sayang, pasti dia perhatian kepadamu setiap waktu. Pasti dia suka memperhatikan dirimu setiap hari. Tanpa kamu minta. Tanpa kamu sadari. Dia selalu peduli. Dia selalu ada buatmu. Karena di hatinya hanya ada kamu selalu, dekat dan jauh dia selalu merasa rindu kepadamu. Apabila perempuan sudah sangat sayang, pasti dia sangat sensitif dan posesif bila urusannya dengan hati dan perasaan. Seperti dia tidak ingin lihat dirimu dekat-dekat dan asyik dengan wanita lain, meski sekedar chat atau komunikasi, apalagi jika berlebihan, pasti akan membuatnya kecewa.  Baca Juga :  Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya! || Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Sangat tidak sama antara hati perempuan dan laki-laki. Perasaan perempuan itu halus dan mudah tersentuh, juga gampang rapuh. Sedikit saja terluka, sembuhnya bisa lama. Sedikit saja kecewa, lukanya bisa parah. Sedikit saja dibuat cembur