Skip to main content

INDISCHE PARTIJ

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share


King's Ardent - Indische Partij merupakan organisasi campuran orang Indo dengan pribumi. Didirikan oleh Dr. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker pada 25 Desember 1912. Dr. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker adalah seorang keluarga jauh Edward Douwes Dekker (Multatuli). Dia kemudian bekerja sama dengan Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat.

    Indische Partij menyatakan bahwa nasionalisme merupakan hal paling penting, oleh karena itu harus diperjuangkan. Dalam perkembangannya, golongan mayoritas pribumi lebih banyak terserap ke organisasi lain daripada ke IP, meskipun Douwes Dekker telah berkeliling Jawa untuk melakukan propaganda dan menyosialisasikan partai ini pada 1912. Sementara unsur Indo-Eropa yang konservatif lebih cenderung bergabung dengan Indische Partij.

    Anggaran dasar Indische Partij menetapkan tujuan membangun lapangan hidup, menganjurkan kerja sama atas dasar ketatanegaraan, memajukan tanah air Hindia Belanda, dan mempersiapkan kehidupan rakyat merdeka. Indische Pertij berdiri atas dasar nasionalisme yang menampung semua suku bangsa di Hindia Belanda dengan tujuan akhir mencapai kemerdekaan. Paham kebangsaan ini kemudian diolah dan dikembangkan oleh partai-partai lain, seperti Perhimpunan Indonesia (PI) dan Partai Nasional Indonesia (PNI).
 

    Oleh karena sifat radikalnya, 4 Mei 1913, Indische Partij dinyatakan sebagai partai terlarang. Walaupun sudah dibubarkan, ketiga tokoh ini tetap berjuang. Douwes Dekker tetap di jalur politik. Suwardi Suryaningrat yang lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara terjun dalam bidang pendidikan. Adapun Tjipto Mangunkusumo meneruskan perjuangannya yang radikal walaupun dalam beberapa waktu kemudian harus berjuang di dalam penjara. Partai ini merupakan partai pertama yang menanamkan paham kebangsaan.


 (Dilansir dari Buku Sejarah Indonesia SMA/MA, Nana Supriatna)

Comments

Populer Post

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent -  Prinsip-prinsip seni rupa ialah cara penyusunan, pengaturan unsur-unsur rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Adapun prinsip-prinsip seni rupa yaitu sebagai berikut. 1.   Kesatuan Kesatuan atau unity adalah kesan yang timbul dari unsur-unsur seni rupa yang terpadu menjadi satu bentuk dan menghasilkan suatu ungkapan. Kesatuan merupakan modal yang harus ditunjang oleh prinsip lainnya sehingga dapat menjadikan sebuah karya seni bernilai estetis. Kesatuan akan terjadi jika ada keselarasan, keseimbangan, proporsi maupun ritme. 2.   Keselarasan Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis jika hal tersebut berpadu dengan selaras. Keselarasan atau harmonis adalah kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda dalam menciptakan suatu keindahan. Dalam karya seni rupa, prinsip keselarasan ini dapat dibuat dengan menata unsur yang mungkin sama, sesuai atau tidak ada yang b

Langkah-langkah Mempresentasikan Hasil Laporan Cerpen

 Welcome to my Blog, King' Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Berikut ini beberapa langkah-langkah mempresentasikan hasil laporan cerpen di depan kelas. Membuat garis besar mengenai isi dari cerpen yang sudah dibaca. Mengetahui secara mendalam mengenai isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Membuat suasana santai dan rileks saat presentasi di depan kelas.  Melakukan kontak mata dengan teman-teman dan guru di depan kelas. Menggunakan suara ramah/akrab dan memberi variasi atau penekanan pada beberapa kata penting. Mengambil simpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan.  Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul     (Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK kelas XI Tika Hatikah dan Mulyanis)

Ketika Perempuan Sudah Sayang

 Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Ketika perempuan sudah sayang, pasti dia perhatian kepadamu setiap waktu. Pasti dia suka memperhatikan dirimu setiap hari. Tanpa kamu minta. Tanpa kamu sadari. Dia selalu peduli. Dia selalu ada buatmu. Karena di hatinya hanya ada kamu selalu, dekat dan jauh dia selalu merasa rindu kepadamu. Apabila perempuan sudah sangat sayang, pasti dia sangat sensitif dan posesif bila urusannya dengan hati dan perasaan. Seperti dia tidak ingin lihat dirimu dekat-dekat dan asyik dengan wanita lain, meski sekedar chat atau komunikasi, apalagi jika berlebihan, pasti akan membuatnya kecewa.  Baca Juga :  Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya! || Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Sangat tidak sama antara hati perempuan dan laki-laki. Perasaan perempuan itu halus dan mudah tersentuh, juga gampang rapuh. Sedikit saja terluka, sembuhnya bisa lama. Sedikit saja kecewa, lukanya bisa parah. Sedikit saja dibuat cembur