Skip to main content

Amalan-Amalan yang Dapat Menghapus Dosa



Berikut amalan-amalan dalam Islam yang dapat menghapus dosa. 

King's Ardent – Manusia tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Baik yang dilakukan secara sengaja atau pun tidak. Namun, Allah yang Maha Pengasih dan Maha Pengampun, selalu memberikan kesempatan bagi hamba-Nya yang ingin bertaubat.

Ketika seseorang melakukan dosa, akan membuat hatinya tidak tenang. Rasa bersalah akan selalu membayanginya. Untuk itu, segeralah memohon ampunan dan bertaubatlah dengan sebenar-benarnya taubat.

Allah SWT berfirman, " Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung" (QS. An-Nur: 31)

Allah SWT telah membuka pintu ampunan bagi mereka yang senantiasa bertaubat. Sebagai umat muslim, hendaknya menyesali dosa-dosa yang pernah diperbuat selama hidup.  Dan berusaha untuk menghindarkan diri dari perbuatan dosa.

Berikut ini amalan-amalan dalam Islam yang dapat menghapus dosa: 

Bertaubat dengan Sungguh-Sungguh

Allah SWT berfirman, " Katakanlah: " Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Penyampun lagi Maha Penyayang" . (QS. Az-Zumar: 53)

Sebagai mahkluk yang sering berbuat khilaf, jangan sampai merasa putus asa untuk selalu memohon ampunan Allah SWT. Selama didalam tubuh masih bernyawa, Allah selalu memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk bertaubat.

Salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan melakukan sholat taubat. Yaitu sholat sunnah untuk memohon ampunan Allah dari segala dosa. Sholat taubat biasanya dilakukan sebanyak dua rakaat.

Saat melaksanakan sholat taubat, perbanyaklah istigfar dan mengingat segala dosa, serta berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.

Memperbanyak Dzikir

Selain dengan taubat, senantiasalah meminta ampun kepada Allah SWT dengan dzikir menyebut asma-Nya sebagai penghapus dosa. Berikut adalah beberapa dzikir dianjurkan oleh Rasulullah sebagai penghapus dosa.

Rasullulah SAW bersabda: 

" Tidak ada seorang pun yang telah dikembalikan ruhnya (bangun tidur) kemudian membaca, Laillahaillallahu wahdahula syarikalah, lahulmulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa 'ala kulli syaiinqodir - Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahaesa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatumelainkan segala dosanya diampuni oleh Allah walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Ibnus Sunni, Imam an-Nawawi)

“ Barangsiapa mengucapkan; Subhanallahi wa bihamdihi - Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya, sebanyak seratus kali dalam sehari, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Imam al-Bukhari dan Imam Muslim)

Rajin Berpuasa

Berpuasa akan mencegah seseorang untuk melakukan perbuatan dosa. Karena saat berpuasa, ia akan menahan segala hawa nafsunya. Sehingga dengan memperbanyak berpuasa, maka akan semakin banyak seseorang terhindar dari dosa.

Nabi Muhammad SAW bersabda, " Sesiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan ikhlas (mencari pahala karena Allah) maka diampunilah dosanya yang sudah lewat." (HR. Bukhari dan Muslim).

Puasa dibulan Ramadhan adalah sebuah keistimewaan yang dapat dirasakan oleh umat muslim. Bukan hanya karena mampu menahan hawa nafsu, namun juga terdapat keberkahan luar biasa selama Ramadhan. Selain itu Ramadhan menjadi bulan ampunan bagi hamba-hamba-Nya.

Namun, berpuasa tak hanya dapat dilakukan dibulan Ramadhan. Kamu juga dapat memperbanyak ibadah puasa pada hari-hari biasanya. Contohnya seperti puasa syawal, puasa senin-kamis atau puasa nabi Daud.


(Diambil dari berbagai sumber)

Comments

Populer Post

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent -  Prinsip-prinsip seni rupa ialah cara penyusunan, pengaturan unsur-unsur rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Adapun prinsip-prinsip seni rupa yaitu sebagai berikut. 1.   Kesatuan Kesatuan atau unity adalah kesan yang timbul dari unsur-unsur seni rupa yang terpadu menjadi satu bentuk dan menghasilkan suatu ungkapan. Kesatuan merupakan modal yang harus ditunjang oleh prinsip lainnya sehingga dapat menjadikan sebuah karya seni bernilai estetis. Kesatuan akan terjadi jika ada keselarasan, keseimbangan, proporsi maupun ritme. 2.   Keselarasan Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis jika hal tersebut berpadu dengan selaras. Keselarasan atau harmonis adalah kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda dalam menciptakan suatu keindahan. Dalam karya seni rupa, prinsip keselarasan ini dapat dibuat dengan menata unsur yang mungkin sama, sesuai atau tidak ada yang b

Langkah-langkah Mempresentasikan Hasil Laporan Cerpen

 Welcome to my Blog, King' Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Berikut ini beberapa langkah-langkah mempresentasikan hasil laporan cerpen di depan kelas. Membuat garis besar mengenai isi dari cerpen yang sudah dibaca. Mengetahui secara mendalam mengenai isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Membuat suasana santai dan rileks saat presentasi di depan kelas.  Melakukan kontak mata dengan teman-teman dan guru di depan kelas. Menggunakan suara ramah/akrab dan memberi variasi atau penekanan pada beberapa kata penting. Mengambil simpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan.  Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul     (Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK kelas XI Tika Hatikah dan Mulyanis)

Ketika Perempuan Sudah Sayang

 Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Ketika perempuan sudah sayang, pasti dia perhatian kepadamu setiap waktu. Pasti dia suka memperhatikan dirimu setiap hari. Tanpa kamu minta. Tanpa kamu sadari. Dia selalu peduli. Dia selalu ada buatmu. Karena di hatinya hanya ada kamu selalu, dekat dan jauh dia selalu merasa rindu kepadamu. Apabila perempuan sudah sangat sayang, pasti dia sangat sensitif dan posesif bila urusannya dengan hati dan perasaan. Seperti dia tidak ingin lihat dirimu dekat-dekat dan asyik dengan wanita lain, meski sekedar chat atau komunikasi, apalagi jika berlebihan, pasti akan membuatnya kecewa.  Baca Juga :  Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya! || Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Sangat tidak sama antara hati perempuan dan laki-laki. Perasaan perempuan itu halus dan mudah tersentuh, juga gampang rapuh. Sedikit saja terluka, sembuhnya bisa lama. Sedikit saja kecewa, lukanya bisa parah. Sedikit saja dibuat cembur