Skip to main content

Contoh Teks Ceramah || Teks Ceramah dan Aktualisasi Diri

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share

Guys menurut kalian penutup pidato yang baik itu kaya gimana sih? Soalnya  gue ngerasa ada yang ngeganjel aja gitu kaya kurang pas kata katanya.  biasanya gue kalo nutup suka bilang gini 'Itu

King's Ardent - Cermatilah teks berikut. 

Menjaga Kelestarian Alam

Selamat siang.

Salam sejahtera untuk semuanya.

    Saya mengucapkan terima kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berdiri di tempat ini dan menyampaikan sedikit ceramah. Semoga materi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Setelah materi disampaikan, mari kita sama-sama berdiskusi dan saling tanya jawab untuk menambah wawasan kita semua.

    Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari lingkungan di sekitarnya. Alam adalah tempat hidup kita. Kita hidup sangat bergantung pada alam. Berbagai sumber energi yang menjadi penopang hidup manusia seperti energi listrik dari gerak air, energi panas dari sinar matahari, atau energi gerak dari angin berasal dari alam. Alam sekitar adalah anugerah dari Tuhan untuk manusia. Sifat keserakahan mendorong manusia untuk mengeksploitasi energi tanpa mempertimbangkan keseimbangan alam. Banyak pertambangan didirikan tanpa analisis dampak lingkungan yang jelas. Pada akhirnya memang manusia diuntungkan dengan pertambangan tersebut. Namun, kerusakan yang timbul tidak disadari dapat mengancam kehidupan manusia.

Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul

    Penggundulan hutan, pencemaran udara, pencemaran air, dan hilangnya keseimbangan ekosistem telah memberi dampak serius bagi manusia. Misalnya saja kini banyak terjadi bencana alam yang tidak terduga dan timbul penyakit-penyakit yang baru yang membawa kerugian bagi manusia. Tanda-tanda yang alam berikan seharusnya mampu menyadarkan manusia. Hal yang patut disesali yaitu hanya sebagian manusia saja yang peduli sedangkan lebih banyak lagi yang tidak peduli.

    Pada kesempatan ini sekolah kami mengadakan "Seminar Peran Pelajar bagi kelestarian Lingkungan". Seminar ini adalah bentuk kerja sama sekolah kami dengan organisasi pencinta Alam "Jaga Alam" dalam rangka memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2016. Tujuan seminar ini adalah sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswa SMA untuk mencintai lingkungan sekitar.

    Para pelajar diharapkan menjadi pelopor dan pendorong bagi kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Banyak cara yang dapat dilakukan walaupun berupa hal-hal kecil. Misalnya saja membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi listrik, atau memakai produk ramah lingkungan. Dari seminar ini pelajar diharapkan mendapat informasi yang penting mengenai kelestarian lingkungan. Dengan sumber informasi yang benar, para pelajar dapat menyampaikannya kembali pada orang-orang di sekitarnya.

    Jika bukan kita siapa lagi yang akan menjaga kelestarian lingkungan. Lakukan berbagai cara yang kita dapat untuk menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar. Mulailah dari kita sendir dengan memberi contoh pada orang lain.

    Sekian pembahasan yang bisa saya sampaikan. terima kasih saya sampaikan kepada peserta yang sudah berkenan hadir.


 Baca Juga : Nilai-Nilai yang Terdapat dalam Cerpen


Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK Kelas XI
Tika Hatikah dan Mulaynis

Comments

Populer Post

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent -  Prinsip-prinsip seni rupa ialah cara penyusunan, pengaturan unsur-unsur rupa sehingga membentuk suatu karya seni. Adapun prinsip-prinsip seni rupa yaitu sebagai berikut. 1.   Kesatuan Kesatuan atau unity adalah kesan yang timbul dari unsur-unsur seni rupa yang terpadu menjadi satu bentuk dan menghasilkan suatu ungkapan. Kesatuan merupakan modal yang harus ditunjang oleh prinsip lainnya sehingga dapat menjadikan sebuah karya seni bernilai estetis. Kesatuan akan terjadi jika ada keselarasan, keseimbangan, proporsi maupun ritme. 2.   Keselarasan Suatu kesatuan unsur-unsur karya seni rupa akan dikatakan indah dan memiliki nilai estetis jika hal tersebut berpadu dengan selaras. Keselarasan atau harmonis adalah kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda dalam menciptakan suatu keindahan. Dalam karya seni rupa, prinsip keselarasan ini dapat dibuat dengan menata unsur yang mungkin sama, sesuai atau tidak ada yang b

Langkah-langkah Mempresentasikan Hasil Laporan Cerpen

 Welcome to my Blog, King' Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Berikut ini beberapa langkah-langkah mempresentasikan hasil laporan cerpen di depan kelas. Membuat garis besar mengenai isi dari cerpen yang sudah dibaca. Mengetahui secara mendalam mengenai isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Membuat suasana santai dan rileks saat presentasi di depan kelas.  Melakukan kontak mata dengan teman-teman dan guru di depan kelas. Menggunakan suara ramah/akrab dan memberi variasi atau penekanan pada beberapa kata penting. Mengambil simpulan sesuai dengan pemikiran yang dipresentasikan.  Baca Juga : Waktu Paling Mustajab Menyampaikan Doa, Insya Allah Terkabul     (Dilansir dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK kelas XI Tika Hatikah dan Mulyanis)

Ketika Perempuan Sudah Sayang

 Welcome to my Blog, King's Ardent! Follow/Comment/Share King's Ardent - Ketika perempuan sudah sayang, pasti dia perhatian kepadamu setiap waktu. Pasti dia suka memperhatikan dirimu setiap hari. Tanpa kamu minta. Tanpa kamu sadari. Dia selalu peduli. Dia selalu ada buatmu. Karena di hatinya hanya ada kamu selalu, dekat dan jauh dia selalu merasa rindu kepadamu. Apabila perempuan sudah sangat sayang, pasti dia sangat sensitif dan posesif bila urusannya dengan hati dan perasaan. Seperti dia tidak ingin lihat dirimu dekat-dekat dan asyik dengan wanita lain, meski sekedar chat atau komunikasi, apalagi jika berlebihan, pasti akan membuatnya kecewa.  Baca Juga :  Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya! || Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Sangat tidak sama antara hati perempuan dan laki-laki. Perasaan perempuan itu halus dan mudah tersentuh, juga gampang rapuh. Sedikit saja terluka, sembuhnya bisa lama. Sedikit saja kecewa, lukanya bisa parah. Sedikit saja dibuat cembur